Wednesday, December 14, 2016

Kontes Berbahasa Jepang Kyoritsu 2016 (1) – Flashback, Soal, dan Tema




Ini kedua kalinya saya mengikuti Kontes Berbahasa Jepang (KBJ) Kyoritsu. Tahun lalu saya hanya sampai di babak pidato, tetapi belum berhasil menjadi pemenang kontes. Berbekal pengalaman tahun lalu, kali ini saya dapat lebih mempersiapkan diri. Target saya sebenarnya sederhana: saya sendiri paham apa yang saya sampaikan saat pidato.

Acara dimulai pukul 12.00, sama seperti tahun kemarin. Sebenarnya pada surel konfirmasi yang dikirim oleh panitia, tertulis waktu dimulainya acara adalah pukul 11.00. Barangkali karena panitia sangat paham dengan jam karet orang Indonesia, maka waktu pelaksanaan pada pemberitahuan dipercepat satu jam. Bagi para peserta yang datang sesuai pemberitahuan, panitia memutarkan video yang diambil saat pemenang tahun lalu berwisata ke Jepang. Video tersebut berdurasi sekitar 20 menit, jadi tentu saja ia diputar lebih dari sekali.

Pukul 12.00 tepat, panitia memulai acara yang dibuka dengan pidato super ringkas oleh salah satu juri. Setelah itu Ibu Tomoe Sakamoto (Mbak Ueno Juni versi KW super) maju ke podium dan mulai membacakan tata tertib babak pertama.

Jenis lomba pada babak pertama ini tidak berubah dari tahun lalu. Terdapat tiga puluh soal, 27 soal berupa pilihan ganda dengan pilihan A, B, C serta 3 soal berupa menjawab soal dengan petunjuk gambar. Soal dibacakan dua kali dengan tempo sedang dan pengucapan yang jelas sehingga mudah ditangkap.

Selepas babak pertama selesai,  peserta dipersilakan keluar ruangan untuk beristirahat dan memberikan waktu bagi panitia untuk menata ulang meja dan kursi, sementara dewan juri memeriksa lembar jawaban. Sekitar pukul 13.30, peserta dipanggil kembali masuk ke ruangan untuk memperoleh pengumuman mengenai siapa saja yang masuk ke babak pidato. Dengan kriteria nilai minimal 70, terdapat 17 peserta yang masuk ke babak pidato.

Untuk babak pidato, aturan mainnya pun sama dengan tahun kemarin, dan pernah saya tuliskan di sini.

Pada babak pidato ini, ada beberapa hal yang menarik perhatian. Jika tahun lalu seluruh peserta maju setelah mengangkat tangan, tahun ini, ketika masih ada sekitar setengah dari peserta yang belum maju, tidak ada satupun yang mengangkat tangan. Dewan juri cukup lama juga menunggu aksi sukarelawan peserta mengangkat tangan, sampai akhirnya mereka memutuskan memanggil peserta secara acak untuk maju menyampaikan pidatonya. Selain itu, tak sedikit peserta yang masih berstatus pelajar. Bahkan ada seorang peserta yang masih SMP tetapi sudah cukup lancar berbicara bahasa Jepang. Ketika juri bertanya bagaimana dia belajar bahasa Jepang, ia menjawab bahwa ia sangat menyukai anime dan banyak belajar dari situ.

Setelah menyampaikan pidato, sementara menunggu juri berdiskusi mengenai pemenang, para peserta serta pengunjung (atau pendukung?) dihibur dengan penampilan pertunjukan angklung dari Universitas Al Azhar. Ada tiga lagu yang dimainkan, yaitu Kokoro no Tomo milik Mayumi Itsuwa, lagu latar Doraemon, dan Wa ni Natte Odoro milik grup V6. Saya termasuk salah satu yang sangat gembira begitu menyadari ada lagu V6 yang dimainkan, apalagi dengan alat musik angklung.

Juri kembali memasuki ruangan beberapa saat setelah pertunjukan angklung berakhir. Salah satu dewan juri memberikan sedikit kesan mengenai kontes kali ini, yang dilanjutkan dengan pemanggilan nama-nama pemenang. Lima orang pemenang dipanggil satu per satu untuk diberikan piagam. Setelah itu, peserta yang masuk babak pidato juga dipanggil satu per satu untuk menerima bingkisan. Acara kemudian diakhiri dengan berfoto bersama.

Nah, kalau ada yang bertanya-tanya, bagaimana jenis soal yang keluar serta apa saja pilihan tema pidato tahun ini, di bawah ini saya menulis ulang beberapa soal yang berhasil saya ingat. Untuk tema pidato, saya menyalinnya dari lembar kertas yang diberikan panitia.

SOAL PENGETAHUAN UMUM (BABAK PERTAMA)
1
Manga tertua sudah ada sejak jaman?

a. Edo
b. Heian
c. Showa
2
Perdana menteri sekarang adalah

a. Abe ...
b. Abe Shinzo
c.  Abeno ...
3
Periode sekarang adalah?

a.  Showa.
b. Taisho
c.  Heisei
4
Kegiatan mencari kerja disingkat apa?

a.  Shuukatsu
b. Tonkatsu
c.
5
Artis dengan penonton konser terbanyak tahun 2015 adalah?

a.  Mr Children
b.  Arashi
c.  Exile
6
Yang pernah jadi shogun adalah?

a.  Oda nobunaga
b.    
c.  Tokugawa Ieyasu
7
Pemenang M-1 Grand Prix tahun lalu adalah?

a.  Ginshari
b. Jarujaru
c.  Trendy Angel
8
Perfektur yang populasinya paling sedikit adalah?

a.  Kumamoto
b. Tottori
c.  Kanagawa
9
Ada berapa total jalur kereta bawah tanah yang melintasi 23 distrik di Tokyo?

a.  7
b. 17
c.  27
10
Berapa persentase jumlah orang yang berusia 65 tahun ke atas di Jepang?

a.  17%
b. 27%
c.  37%
11
Apa sebutan untuk baju berlengan panjang yang dipakai oleh perempuan muda ketika hari upacara kedewasaan?

a.  Furisode
b.     
c.  Yukata
12
Apa nama maskot yuru-kyara dari Perfektur Kumamoto?

a.  Kumamon.
b. Doraemon
c.
13
Hari libur nasional yang baru ditetapkan pada tahun ini adalah?

a.
b.
c. Hari gunung
14
Yang manakah logo olimpiade tokyo 2020? (terdapat pilihan tiga buah logo)




15
Gambar di samping disebut? 






TEMA PIDATO (BABAK PIDATO)
1. 日本を訪れる観光客を増やすために、日本政府あるいは日本人はどうしたらいいと思いますか。具体的なアイデアを話してください。
2.
日本のアニメを見て、「日本らしい」あるいは 「日本人らしい」と思う場面や主人公の考え方を見たことがありますか。理由やエピソードとあわせて話してください。
3.
あなたの好きな漢字一文字は何ですか。それが好きな理由をエピソードとあわせて話してください


Semoga berguna ^^

4 comments:

  1. Pertanyaannya, Mbak Wahyu menang nggak lombanya, hehe. Itu soalnya dibacakan dalam bahasa Jepang ya Mbak? Duh keder euy bagaimanalah dengan saya ini yang mendengar orang Jepang bicara laksana kumur-kumur #apasihgar, haha. Tolong diterjemahkan juga dong Mbak tema pidatonya apa saja, saya tak bisa baca kanji, haha. Ngomong-ngomong ini lomba rutin ya diselenggarakan? Penyelenggaranya siapa Mbak? Foto posternya kecil banget, saya kurang jelas melihatnya, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Gara.
      Pertanyaan pertama itu jawabannya baru akan saya post pekan depan. Ditunggu saja ya. Hehe
      Waah, Gara belajar bahasa Jepang juga? Salut!! Mengenai lomba, tahun 2016 ini penyelenggaraan ketiga, kalau panitianya sih kemarin bilang bahwa tahun 2017 akan diadakan lagi. Penyelenggaranya Kyoritsu Foundation, webnya ada di kyoritsu.or.id.

      Spesial buat Gara, saya terjemahin bebas tema pidatonya nih: *aihcongkaknya XD
      1. Demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jepang, apa yang sebaiknya dilakukan oleh pemerintah maupun warga Jepang? Berikan ide yang spesifik.
      2. Saat menonton anime Jepang, pernahkan kamu merasa ada adegan atau pemikiran karakter utama yang "Jepang banget" atau "orang Jepang banget"? Berikan alasan dan kisah yang menarik perhatianmu.
      3. Apa karakter/huruf kanji yang kamu sukai? Berikan alasan serta kisah di balik alasan mengapa kamu menyukainya.

      Delete
  2. Dear Mba Wahyu,

    Waaahh, ini salah satu kandidat yang akan ke Tokyo Januari depan nih. Hehe. Saya ikut juga tapi kali ini ga lolos hehe. InsyaAllah mau coba lagi tahun depan. Mhn doanya ya Mba.. :D

    Mba inget semua soal2nya? Sugoi jyan! Saya aja lupa.. :D
    Fotonya boleh digunakan kok Mba. :).

    Sekali lagi selamat ya Mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal-soalnya terlalu unik, Mba Intan, jadi susah dilupakan XP. Makasih sudah dibolehin pakai fotonya, maaf baru izin setelah posting. Hehe

      Selamat siap-siap buat tahun depan, ya, Mba. Semoga lolos!
      :)

      Delete